DESKRIPSI KELAS
Kelas ini bertujuan untuk memberikan pemaham menyeluruh tentang usaha FMCG (Fast Moving Costumer Googs) atau yang sering dikenal dengan bisnis ritel modern. Tidak sedikit koperasi yang mengelola jenis usaha ini, tapi keterbatasan keterampilan pengelolaannya menjadi sebuah hambatan untuk berkembang lebih baik, alih-alih untuk sekedar bertahan. Di sisi lain, jenis usaha serupa yang dimiliki oleh non-koperasi (personal dan profesional) justru tetap stabil. Berarti kendalanya bukan pada ‘pasar’ yang tidak ada. Nah, kelas ini akan mengupas tuntas seluruh aspek pengelolaan profesional untuk bisnis ritel modern.
ANDA AKAN BELAJAR
- Empat Pilar Utama Sukese Bisnis Ritel; pelajaran ini sebagai materi pembuka yang dapat Anda akses tanpa harus membeli kelas ini, bertujuan untuk memberikan gambaran umum tapi cukup mendalam untuk memahami seputar bisnis ritel modern.
- Ritelpreneurship; ada 4 materi dasar untuk membangun semangat usaha ritel modern yang akan menguatkan dan menghindarkan Anda dari kesalahan-kesalahan fatas yang biasanya dilakukan oleh pengusaha ritel pemula tanpa disadari.
- Pengantar Ritel Modern; pelajaran ini sebagai pengantar untuk Anda memulai pelajaran selanjutnya. Anda akan mendapatkan wawasan tentang perkembangan bisnis ritel modern di dunia dan di Indonesia.
- Landasan Hukum & Izin Minimarket; materi ini menjelaskan tentang aspek hukum dan legalitas sebuah usaha minimarket, ketentuan-ketentuan perizinan dan tata cara pengurusannya.
- Menyusun Rencana Pendirian Minimarket; merupakan materi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai rencana pendirian sebuah minimarket, mulai penentuan lokasi usaha hingga kebutuhan modal yang perlu disiapkan. Penyusunan rencana ini dituangkan dalam bentuk Proposal Usaha atau Business Plan.
- Mulai Mendirikan Minimarket; merupakan materi yang memaparkan tentang tahap-tahap yang perlu dilakukan dalam memulai mendirikan usaha minarket. Cara merancang, tata letak yang sesuai, pemajangan yang apik, penciptaan suasana toko, dan peralatan apa saja yang dibutuhkan.
- Merchandising; merupakan materi yang mengulas secara rinci tentang konsep merchandising (pengelolaan barang dagangan), mulai dari teknik pengelompokannya, pemilihan/penentuan barang, pengendaliannya, hingga teknik mendapatkan sumber barang.
- Sistem dan Mekanisme Operasional Bisnis Ritel Modern; dalam pelajaran ini menjelaskan tentang seluk beluk pengelolaan atau manajemen operasional sebuah minimarket. Bagaimana menentukan SDM yang sesuai, menetapkan aktivitas operasional harian mulai toko dibuka sampai ditutup kembali, menilai kinerja pengelola/karyawan, dan strategi pelayanan konsumen.
- Manajemen Keuangan; merupakan materi yang menjelaskan konsep perhitungan dan penetapan harga jual, struktur harga, penanganan kas dan teknik penyusunan laporan keuangan usaha minimarket.
- Pemasaran dan Promosi; yaitu materi-materi yang menjelaskan teknik dan strategi pemasaran dan promosi, penetapan target pasar, menentukan promosi-promosi yang menarik, dan cara membangun/menjaga loyalitas konsumen.
- Pentingnya Branding untuk Usaha Minimarket; materi ini tidak kalah pentingnya dalam mengelola sebuah usaha ritel modern. Namun, tidak banyak yang menyadari hal ini. Dalam pelajaran yang terdiri dari 8 materi ini akan membuka wawasan Anda tentang pentingnya membangun brand untuk minimarket koperasi Anda.
MANFAAT BELAJAR
- Terdapat 51 pelajaran dengan lebih dari 100 topik bahasan yang dapat Anda akses selamanya,
- Anda akan menemukan alasan dan motivasi kuat mengapa usaha ritel modern merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan dan terus berkembang seiring berkembangnya zaman tanpa mengenal istilah ‘bisnis musiman’.
- Anda akan mengetahui bahwa FMCG yang merupakan salah satu jenis dalam usaha ritel modern dari karakteristik yang dimilikinya, mengetahui perkembangannya di dunia dan di Indonesia, mamahami faktor-faktor yang memicu perkembangannya, keunggulannya dibanding jenis bisnis ritel lainnya, dan dapat melihat peluang dan tantangannya di masa depan.
- Anda akan mengetahui dasar hukum utama penyelenggaraan bisnis ritel modern, dasar hukum turunannya, langkah-langkah dalam pengurusan perijinan, dan dokumen-dokumen apa saja yang harus dipersiapkan dalam pengurusan legalitas usaha ini.
- Anda akan mampu menyusun sebuah proposal usaha minimarket sebagai bentuk perencanaan usaha dan mengerti strategi mendapatkan modal yang besar, bahkan mencapai 80% dari kebutuhan modal kerja minimarket Koperasi Anda.
- Anda akan memahami kriteria rancangan tampilan luar dan dalam toko yang baik, memahami pengertian dan jenis-jenis layout toko dan
memahami semua jenis area pelayanan dan dapat membedakannya masing-masing, memahami pengertian area jual dan ragam faktor yang memengaruhinya, mengerti definisi planogram dan implantation, memahami dan dapat membedakan antara metode FIFO, FEFO dan LIFO dalam pengaturan pajangan, memahamai peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pengelolaan dan penanganan barang, memahami jenis dan fungsi peralatan dan perlengkapan untuk operasi kasir, dan memahami jenis dan fungsi setiap peralatan dan perlengkapan pendukung dalam operasi toko modern.
- Anda akan memahami konsep Merchandising dan alasan kenapa hal itu penting dalam menjalankan bisnis ritel modern, memahami prinsip-prinsip dasar merchandising, memahami pengertian dan ruang lingkup Manajemen Kategori Barang beserta fungsi-fungsinya, memahami pentingnya pengelompokan barang yang benar dan manfaatnya, memahami proses dalam pengelolaan kelompok item-item barang dagangan, memahami cara pengelolaan data yang berkaitan dengan pemasok barang dalam suatu assortment.
- Anda juga akan memahami prosedur yang dilakukan dalam pemesanan, penerimaan, pemajangan, pengembalian/retur, dan pemusnahan barang.
- Anda akan memahami konsep dan proses pengendalian persediaan, memahami proses pengelolaan barang di gudang, memahami cara menentukan jenis dan kuantitas barang yang sesuai dengan kebutuhan toko, mengetahui sistem dalam pembelian barang dari berbagai sumber, dan memahami cara menentukan persediaan awal sebagai acuan dasar dalam menyusun nilai persediaan sebelum minimarket beroperasi.
- Anda akan mengetahui dan memahami seluruh aspek pengelolaan SDM; memahami metoda dan analisa kebutuhan SDM serta kriteria yang sesuai untuk mengoperasikan sebuah minimarket, memahami proses perencanaan dan perekrutan SDM, mulai dari pembukaan lowongan hingga kontrak kerja, memahami uraian pekerjaan setiap unit kerja dalam struktur minimarket dan indikator kinerja bagi karyawan, dan mengetahui cara menyusun jadwal kerja karyawan, untuk toko dengan 2 atau 3 shift sehari.
- Anda akan memahami macam-macam kebutuhan hardware yang harus dipenuhi dalam mengoperasikan sistem aplikasi ritel modern, memahami fitur-fitur dasar yang mutlak dalam mengoperasikan sistem aplikasi ritel modern, dan memahami 3 aspek penting yang harus dimiliki oleh pengelola yang berhubungan langsung dengan sistem aplikasi ritel modern.
- Anda akan mampu menyusun SOP yang disesuaikan dengan kondisi toko koperasi Anda, mulai dari toko akan dibuka sampai dengan toko akan ditutup setiap harinya.
- Anda akan mampu membangun persepsi konsumen tentang minimarket Anda, dapat membaca dan memahami kebutuhan konsumen yang menjadi sasaran dan target toko Anda, menyusun dan menyediakan kebutuhan Anggota, dan memahami minimal 4 bentuk pelayanan yang wajib dilakukan dalam bisnis minimarket untuk meningkatkan pendapatan.
- Anda akan memahami konsep perhitungan dan penetapan harga dan struktur harga jual toko minimarket, memahami bagaiman cara dan pentingnya melakukan penjualan berkesinambungan dan margin followup, serta strategi pengendalian biaya, memahami bagaimana cara dan pentingnya melakukan penilaian persediaan, dan memahami bagaimana cara melakukan pelaporan keuangan secara berkala dan bagaimana praktek penanganan kas harian (manajemen kas).
- Anda akan memahami strategi pemasaran bisnis minimarket yang strategis dan taktis, memahami bagaimana cara melakukan segmentasi, menetapkan target, dan penempatan pasar, memahami tipe-tipe persaingan dan cara pendekatan dalam menanggapinya, memahami jenis-jenis promosi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan promosi, dan mengetahui cara menyusun agenda promosi sepanjang tahun.
- Dan Anda juga akan memahami pengertian dan konsep istilah branding, posisi dan peran branding dalam usaha, memahami bahwa brand adalah sebuah investasi penting dalam usaha, dapat mengukur nilai investasi brand pada usaha, dapat memahami dan menyusun konsep sebuah brand, dapat memvisualisasikan sebuah brand, memahami penyusunan dan pembuatan konten-konten dalam branding baik visual, verbal dan konbinasi keduanya, memahami pengertian, peran dan fungsi serta pendekatan dalam membangun media-media kebutuhan operasional, publikasi dan promosi, memahami pengertian, peran, fungsi dan pendekatan dalam memanfaatkan media sosial untuk proses branding dan pemasaran, memahami pengertian, peran, fungsi dan pendekatan serta mampu mengelola sentimen pelanggan, dan mampu mengimplementasikan pengetahuan mengenai brand dan proses branding untuk suatu usaha baik personal maupun kolektif.